Blog Tutorial

New Picture

Karangantu. May 28,2011







































Sedikit catatan tentang Pelabuhan Karangantu:

Pelabuhan Karangantu yang berlokasi di Desa Banten,Kecamatan Kasemen, Kota Serang,Banten,Indonesia, dahulunya merupakan tempat perdagangan yang ramai oleh pedagang-pedagang dari negara-negara di asia tenggara.
Beberapa sumber menyebutkan bahwa sekitar tahun 1614 sejumlah kapal dari negeri Cina sering berlabuh di pelabuhan ini dengan membawa dagangan dari negeri mereka. Beberapa catatan sejarah juga menyebutkan bahwa pada kisaran tahun 1596, Cornelis de Houtman pertama kalinya menjejakkan kaki bersama armada perdagangan Belanda di Karangantu.
Dari catatan sejarah yang tercecer tersebut terlihat gambaran bahwa Pelabuhan Karangantu dahulu merupakan pelabuhan besar dan termasuk yang diperhitungkan di asia tenggara. Pelabuhan yang saat itu memiliki panjang 1500 meter dengan lebar 30m dan kedalaman 7 meter sempat mejadi pelabuhan ramai di abad XVII.
Pelabuhan yang ramai ini ternyata memudar seiring kedatangan VOC yang kemudian lebih memusatkan bongkar muat barang dan perdagangan di Pelabuhan Sunda Kelapa.
Sejarah tinggal sejarah, sekarang kondisi Pelabuhan Karangantu sudah tidak lagi menampakkan kejayaannya di masa lalu.

No comments:

Post a Comment